Toko Wireless M2M Paling Lengkap dan Berkualitas!



Accessories

Sort by NameLowest PriceHighest Price
Go to page :
Sort by NameLowest PriceHighest Price
Go to page :

Harga produk toko.kentongan.com bisa ditawar?
Kami selalu berusaha memberi harga jual terbaik, namun anda tetap bisa mengubungi kami untuk penawaran terbaik, serta perbandingan harga  yang lebih bersaing. Semua untuk pelanggan kentongan.com.

* Catatan : Harga dan spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

" Bunyi Kentongan Kepala Suku Selamatkan Warga Sekampung dari Tsunami "

Masyarakat di perkampungan yang berhadapan dengan laut Samudera Hindia, di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, masih menggunakan warisan nenek moyang berupa kentongan untuk mengingatkan warganya dari bahaya yang mengancam. Penggunaan kentongan sebagai tanda bahaya itu ternyata masih cukup efektif untuk menyelamatkan sejumlah warga kampung yang masih peduli terhadap tanda itu, dari hantaman gelombang tsunami yang melanda wilayah itu.

Awal pekan terakhir Oktober 2010, bumi Sekkerai (sebutan daerah Mentawai,red) terguncang dahsyat akibat bertemunya lempeng Erusia-Austria, memicu gelombang pasang tsunami yang konon mencapai ketinggian 12 meter. Kepanikan warga tak terelekkan, namun sebagian warga yang perkampungannya berada di dekat titik gempa tektonik itu, bisa selamat dari gulungan tsunami yang terjadi hitungan menit setelah guncangan gempa.


Menurut masyarakat di sana, mereka bisa selamat sekampung dari hantaman gelombang tsunami karena saat terjadi gucangan gempa dibunyikan kentongan oleh kepala sukunya langsung lari ke arah perbukitan.
Ternyata bunyi kentongan itu --sebagai pertanda untuk lari--, karena kekhawatiran akan terjadinya gelombang air laut naik, semua isi kampung menyelamatkan diri ke perbukitan.



Apa yang terjadi, di satu perkampungan yang berada di dekat pusat gempa dan gelombang tsunami di Mentawai itu, tentu suatu pembelajaran yang berarti. Membudayakan kearifan local daerah, bisa sebagai juru selamat dari bencana yang menimbulkan korban massal.


08111086006 (TSEL)
0818600686 (XL)
08158886006 (ISAT)
PIN:
25DCACF1 (Shop)
(Shop)
(Support *)
(On Duty)
Mohon maaf, saat ini contact center kami tutup, belanja online 24 jam tetap beroperasi. Hubungi kami kembali saat jam kerja. Pelanggan Platinum silahkan menghubungi Account Relation.